Tips Agar Kucing Mudah Diatur

Memelihara kucing itu menyenangkan. Apalagi saya memang orangnya penyayang kepada sesama makhluk hidup #eeaaa. Meski terlihat meyenangkan, membuat kucing kita mudah diatur dan jadi penurut itu susah. Karena itulah, kali ini, saya ingin berbagi dengan para pembaca tentang bagaimana agar kucing peliharaan kita mudah diatur. Caranya beda dengan ketika kita mengatur adik atau pacar yaaa. Hehe

Yuk, simak tips berikut :D

  1. Usahakan untuk memelihara kucing sejak usia masih kecil. Karena, di usia yang masih sangat kecil, akan lebih mudah baginya untuk terbiasa dengan kita. Sama halnya dengan manusia. Makin gede makin susah diatur.
  2. Beri nama kucing piaraan anda dan selalu panggil dia dengan nama itu. Dengan begitu, ia akan mengenali suara anda dan tau ketika ia sedang dipanggil. Lakukan hal ini sedari dia kecil.
  3. Pijat tengkuknya dan rajin-rajinlah mengelusnya. Sama seperti manusia (baca: cewek), kucing juga senang dielus, diperhatikan, dan di sayangi. Hehehe.
  4. Ajak dia main dengan mainannya favoritnya. Misalnya bantal atau bola-bola benang. Apalagi kucing yang masih kecil biasanya masih sangat hiperaktif sehingga anda tidak akan bosan bermain dengannya.
  5. Anda juga bisa membiasakan diri menggendong si kucing. Mulai umur 1 bulan, sering-seringlah menggendongnya hingga ketika dia sudah besar nanti, dia jadi tidak liar.
  6. Mandikan kucing minimal seminggu sekali. Tapi usahakan selalu anda yang memandikkannya, jangan orang lain. Ini agar si kucing makin terbiasa dengan anda.
  7. Jika anda tidak ingin si kucing main di luar rumah, jangan pernah menaruhnya di dalam kandang. Tidak ada satu makhluk pun yang suka dikurung. Bisa-bisa malah dia nanti jadi liar.
  8. Jangan pernah memukul kucing. Selain karena alasan perikebinatangan, si kucing nanti maah akan takut pada anda, bukannya nurut.

Apa anda punya tambahan lainnya? Setau saya sih cuma segini. Jika ada tambahan, silahkan komen ya. Terutama bagi para cat lovers. Miaw!

Gambar: www.tattoodonkey.com

About these ads

23 thoughts on “Tips Agar Kucing Mudah Diatur

  1. Tks untuk tips nya Mbak, suka kuciang juga ya. Sammma….

    Hati-hati dengan penyakitnya……ya kalo seminggu sekali dimandiin kurang kali ya.
    Minimal 2 atau 3 kali, agar tetep bersih, tapi mulailah dari waktu kecil, karena kalo sudah besar susah dimandiinnya (sama kayak orang kali ya). Kalo mau repot dikit pakai air hangat suam-suam kuku agar gak kaget dia.
    Kucingku namanya Katt Perry cakep kali…..dia cewek. Anakku Nadia yang kasih nama.
    Kucing Mbak siap namanya ?

    • hahaha, aku mah namanya standar aja, suka manggilnya si empus..kebetulan temen aku juga ada yg hobi banget piara kucing, jd belajar juga dari dia…ih nama kucingnya cuantik banget, pasti kucingnya seksi yah? hihihi eh kurang ya? takutnya kalo keseringan di mandiin kucingnya jd lebih wangi dari si empunya..hehe

      • iya, deket.. itu si unyil, anak kucing terakhir dari geboy (nama bapaknya)… sayang si geboy udah meninggal gara2 ditabrak motor atau mobil, meninggal tanggal 17 agustus 2010… tadinya ada 3, ada si geboy, manis, unyil..

        si manis malah udah 8 tahun sama saya dari kecil, sayangnya meninggal. nggak tau kenapa, tapi pas ditemuin ama tetangga masih hidup cuma lemes.. nggak lama (sekitar 2 hari) akhirnya meninggal juga… sedih banget rasanya udah sama manis itu, setiap saya sakit pasti si manis selalu temenin di samping tempat tidur….

        sekarang saya cuma bisa jaga unyil sebagai gantinya. saya berdoa semoga manis dan geboy senang sekarang di akhirat, kelak saya juga akan menyusul ke akhirat.. semoga mereka masih bisa bertemu saya di akhirat…

      • ya ampun in jadi kisah sedih di hari jumat. saya iku sedih ya atas ceritanya. hiks
        generasi penerus tinggal si unyil, mudah-mudahan dia dapet jodoh yang baik ya.
        sehingga anak-anaknya juga baik semua. nuntut ilmu yang tinggi biar jd kucing yg berguna bagi nusa dan bangsa *lho?
        kok jadi ngaco ya saya… hehe intinya di urus aja yg bener ya, kucing itu ga cuma harus terawat secara fisik, tapi juga secara batin… hem hem hem :D

  2. Saya ada kucing 2 ekor dirumah, kebetulan emang keduanya saya beli dari umur 2-4 bulan dan sepasang. Dari mereka kecil itu gak pernah di-kandang-in terkecuali kalo lagi ada tamu (soalnya pintu terbuka lebar, hawatir mereka keluar rumah)
    Sekarang ini kucing saya yang jantan udah mengeluarkan tanda2 minta kawin, ngeong2 mulu, ya intinya suka ngegalau lah dia depan saya..
    Gak tau kenapa akhir2 ini kedua kucing dirumah itu kayak ‘cari celah’ buat keluar rumah, sempet ketauan dia keluar rumah tapi cuma sampe halaman, hawatir si jantan dirumah lagi lepas ke halaman terus nemu gebetan barunya kucing kampung betina depan rumah dan kabur begitu aja, apa ada tips supaya kucing gak keluar2 rumah? Soalnya bener2 hawatir sama itu kucing.. Soalnya limited edition kayaknya kucing macem dia itu.. Aneh lah tingkahnya..
    Mohon bantuannya yaa.. :D

  3. Kucing Mandi Membersihkan Dirinya Sendiri Dengan Menjilat-Jilat Tubuhnya Dengan Lidah

    Cobalah anda perhatikan kucing yang ada di sekitar anda. Salah satu kebiasaan kucing yang paling umum adalah menjilat-jilati tubuhnya sendiri dengan menggunakan lidah. Mungkin bagi kita hal tersebut sangat menjijikkan ketika dibayangkan jika kita melakukan hal yang sama kepada diri kita sendiri. Kucing tidak pernah merasa jijik melakukan mandi kucing karena sudah kodratnya demikian.
    Kucing memiliki lidah yang unik karena pada lidahnya ada seperti cakar-cakar panjang seperti layaknya sisir bulat yang banyak cakarnya. Jadi tidak heran jika ada kucing yang tidak pernah dimandikan tetapi bulunya bersih dan rapi. Untuk daerah kepala dan wajah yang sulit dicapai lidah kucing dilakukan dengan kaki depan kucing. Telapak kaki kucing dijilat-jilat lalu diusap-usapkan ke kepala kucing. Bulu dan kotoran yang tertelan akan dibuang lewat kotoran kucing atau melalui muntahan furball. (dari berbagai sumber).

    • wow, iyah memang benar. kucing memang secara alami bisa mandi sendiri. untuk menjaga kecantikan bulunya, biasanya pemilik akan memandikannya juga. selain itu, memandikan kucing juga berguna untuk menghilangkan kutu-kutu yang tidak bsa dibersikan dengan lidahnya :) *seauhyang saya tau*

  4. Skdar berbagi sesama pcinta mpus..d kandangin blh.tp kucing jg punya masa birahi/musim kawin.kalo ga slh per3 atau 6bln.. Lbh baik d lepas dan biarkan dia kawin.kalo d kurung justru dia nanti jd galak.klo misalkan kucingny jenis yg mahal.mending cri temen yg punya jenis yg sm untuk d kawinkan.. Binatang jg butuh sex teman.. Mreka punya hak untk itu..

  5. ehhh..mau tanya ni’ aku baru beli kucing ya….tapi uda lumayan gede kira2 umurnya 1 thun…tapi ada yang aneh ama tu kucing ! aku perhati-in kucing2 yg cewek’ pnya temen ku badannya gax kembung ke bawah tapi kesamping…nah punya aku yg baru beli ini kembungnya ke bawah terus lakunya agak galak,ama bulunya agak ngejingkrak gitu….kata orang yg liat kucing aku, itu kucing lgi Hamil kira2 dgn ciri2 itu benar gax si….mohon bantuanya ya…..

  6. aku dah dari kecill…tapi bandel banget. mungkin karena dimanjain and sering di dalam kandang tapi keluargaku ga mau tau. dy cuma bisa bebas kalo ada aku pulang kerja atau mau berangkat.. dy bisa menjelajah kamar and garasi sepuasnya. karena suka nyakar and gigit (tepatnya bercanda) ..tapi aku ga tau harus komunikasi gimana untuk ngasih tau dy bahwa kukunya dan giginya itu menyakiti manusia. aku sering lepasin dikamar..and dy maen dengan maen dengan maenannya. tapi kalo dah bosen ma maenannya dy akan naek ke tempat tidur and naek ke atas laptop and mulai nyakarin laptop..pusing aku

      • aku percaya mereka seh ngerti dibilangin..:o
        dulu sempet punya kucing liar yang nyakar sama sapa aja kecuali aku. anak2nya masuk kedalam rumah, ak keluarin sambil ngomel terus ngomong ma induknya “alya..anak2 lu jangan suruh masuk2…pupunya sembarangan tuh!”
        sempet ngeliat induknya kaya komunikasi ma 2 anaknya, sejak itu mereka cuma nunggu depan pintu or keset. setiap nyoba masuk si Alya langsung narik anaknya ngelarang :D mengkanya aku suka aja ngomong kucingku satu ini.. sapa tau nanti kaya alya~~ Hahha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s