Aku Ingin Menjadi Designer

Ketika saya membaca sebuah kata “ Designer” saya langsung teringat ketika dulu sewaktu duduk di bangku SD. Seorang guru bertanya “ apa cita-citamu Din? ” , entah momen apa yang terfikir saat itu saya langsung beragan-angan kemudian menjawab” Saya ingin menjadi seorang designer” . Hmmm..Dibalik balkon ini saya sempat merenungi sebuah pertanyaan guru dan mulai bertanya di dalam hati, mungkinkah?.… atau setidaknya Akankah? .

Untuk menjadi seorang designer itu tidak mudah, bukan hanya butuh sekedar inspirasi namun juga intuisi dan insting yang tajam. Coba kita bayangkan jika kita berpredikat menjadi Designer Global? Siapa yang tidak mau? Wow … ini pstinya sebuah kebanggaan tersendiri untuk saya dan orang-orang yang berada disekitar saya.

Untuk menjadi seorang designer hebat hingga bisa terkenal sampai mancanegara kita harus belajar dari designer ternama dan berusaha lebih giat lagi. Seperti yang saya baca dari Tabloid Femina tempo hari, ketika 4 orang designer dalam acara yang bertajuk “ Jakarta Fashion Week 2012”, mereka membagi pengalaman dan rahasia hingga bisa sesukses sekarang. Berikut ini tips suskes menjadi designer ala mereka:

Sekolah Mode

That’s Right,,,!!! Meskipun bakat dan kreatifitas itu bisa datang secara otodidak, namun saya percaya dengan sekolah seperti  sekolah mode bukan hanya menjadi nilai tambah saja, namun kita juga bisa mengasah kreatifitas itu untuk menjadi seorang designer. Bukan hanya designer yang kerjanya hanya bisa memabuat ide rancangannya saja namun juga bisa proposiponal.

Menurut Bernad Candran pendidikan dalah modal, mulai dari teknik menjahit, merancang, hingga sejarah fashion kita harus tau. Seseoang harus tahu basic menjadi designer bahkan tak sedikit para designer yang rela sekolah keluar negri hanya untuk  belajar.

“Everyone  must go to a fashion school to understand the basic of fashion . Not only to learn design , but history the fashion too”

Mengikuti Kompetisi

Dengan mengikuti ajang kompetisi juga mampu menjadi tolak ukur kemampuan teknik merancang bagi anda sendiri. Sejauh mana kapasitas kemampuan anda? Berkaca pada Bernad Candran, ia  mengikuti kontes “ Open Eouropan Contest For Look Of The Year 2000 dan menjadi orang pertama yang memenangkan ajang tersebut. Cara lain untuk mengukur keberhasilan eksistensi seorang designer bisa kita lihat dengan jam terbang karyanya di dalam maupun luar negeri.

Strategi Bisnis

Untuk menjadi seorang designer kita juga harus memiliki keakuratan dalam menganalisis starategi bisnis apa saja yang akan dilakukan. Mengintip trend yang ada serta membuat sebuah inovasi terbaru sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri . Modal  kecil buakanlah menjadi salah satu halangan , seperti contoh Tube Gallery berawal dari outlate kecil di dapartement store Bangkok, Hingga akhirnya Tube Gallery berhasil merebut pasar lokal hingga sampai bisa memiliki butik sebesar sekarang.

“ Star Your Businers from a small amount of capital and say no to over price product”

Harus Berani

Kita juga harus memiliki salah satu kepercayaan diri yang cukup tinggi untuk bisa menjadi salah satu designer  terkenal. Menurut Tube Gallery Kepercayaan diri menjadi salah satu modal. Resep untuk menjadi designer yang profesional caranya :

“ hanya mau merendahkan diri dengan belajar dari nol soal teknik design, produksi hingga penjualan. Berhasil meraup untuk ekspor dan kita juga tidak takut ketika trial error selama terus mencoba untuk mendesign rancangan terbaik “. Salut..:)

So,, Menurut saya menjadi seorang designer itu merupakan salah satu kebanggaan tersendiri. Apapun cita-cita anda entah itu menjadi seorang designer atau seorang penulis yang terpenting adalah tekad serta semangat yang kuat. Paling tidak kita harus memiliki sosok orang berhasil untuk menjadi pedoman. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.^^

Sumber Gambar:

www.contestedconsumption.info

www.gliving.com

Google
Google Maps
WikipediA
Twitter
27 thoughts on “Aku Ingin Menjadi Designer

  1. minta petunjuk untuk nyalurin sketsa saya dong, sayang kalo ide yang saya tuangin dibuang begitu saja. makasih sebelumnya :D

    • Mungkin coba aja masukin karyanya ke butik-butik sapa tau mereka cocok mba sama karya mba mila,, atau bikin sketsa terus unggah di internet termasuk jejaring sosial,,, siapa tu ada yg berminat.. intinya pasti ada jalan kok mba,,, semnagat yupppsss:)

  2. i like it…
    memang tak semudah yang dibayangkan untuk menjadi seorang desainer..
    tp dengan belajar dan berusaha maka semua mimpi akan menghampiri mu…

  3. Saya baru mulai senang memperhatikan trend busana sekarang, jadinya baru kepikiran ‘kayaknya jadi designer seru juga’ ya baru sekarang….apa masih mungkin ya di umur 27 ini baru memulai?

  4. Saya Anak SMK,Saya Bercita2 ingin Menjadi Disaener,Karna Saya Bisa Menggambar Baju apa pun yg Saya suka,sya jd berminat jd disaener,Tp saya Tidak yakin klo sya bisa……
    Kelemahan nya krna sya jauh dri Jakarta dan Mna Mkin Sya Bisa Mncapai cita2 saya……..
    Apalagi keadaan tdk mendukung,
    Tp saya Bisa Merancang Baju Dgn Bakat saya Yg Bisa Menggambar,Saya tidak tahu bagai mna Caranya menjadi Disaener Supya Mimpi sya TerWujud….

    • kayaknya kamu punya obsesi, ngak perlu di Jakarta kamu membangun mimpi kamu, maah lebih baik ditempat kamu kemudian kamu bisa dikenal di Jakarta, n syukur2 bisa go international

  5. malam ka.. aku mau tanya2 dong klo sekolah design khususnya buat fashion gt di mana yah? aku sebenernya kuliahnya tntang ilmu alam. hahaha tp aku kayanya klo udh lulus mau lanjut ke design aja tlg infonya yahh mksh kaa

  6. honestly aku udah kenal bahan2, udah tau teknik pembuatan dan sejarah dari fashion, tapi karna baru 17 tahun saya masih pakai uang sendiri jadi merasa kurang enak sama ortu, apa mungkin saya yang terlalu terburu2?

  7. *maksud saya, saya masih menggunakan uang ortu saya untuk itu, walaupun saya juga mulai menabung dari uang harian saya…

  8. amin,,smoga terkabul
    tp apakh seorang desainer iu hrs bisa gambar bagus
    saya seruing gambar” mode baju tp hasilnya gg bisa bagus
    gmn???………..

Leave a Reply

