Bisnis Musiman Saat Lebaran

Menyiasati libur Lebaran namun tetap berpenghasilan bukanlah perkara sulit. Banyak orang yang memborong segala macam produk di hari raya ini. Namun bagi yang berotak bisnis, hari raya lebaran bukanlah sebagai ajang “menghambur-hamburkan” uang, malah sebaliknya mereka menjadikan hari raya lebaran sebagai momen peraup uang musiman. Lalu bisnis musiman apa sajakah yang biasanya banyak menjamur di hari raya lebaran?

  • Busana Muslim

Tidak dipungkiri lagi trend berbusana baru saat lebaran sudah menjadi mindset orang Indonesia. Meskipun sebenarnya tidak diwajibkan membeli baju baru saat lebaran, namun rasanya kurang lengkap apabila lebaran tanpa baju baru.

  • Bisnis Kue Kering

Biasanya setelah shalat Ied, orang-orang berkunjung ke rumah tetangga hanya untuk sekedar bersalaman atau bersilaturahmi sebentar. Dan selayaknya sang tuan memberikan sajian kue kering khas lebaran kepada tamunya seperti kue nastar, putri salju atau lidah kucing.

  • Penyalur Pembantu

Jangan anggap remeh kedudukan pembantu saat hari  raya lebaran. Justru pembantu rumah tangga adalah orang yang paling dicari. Selain untuk membantu melayani  kebutuhan rumah tangga, pembantu juga bisa dijadikan sebagai penjaga rumah saat majikan pulang kampung.

  • Pulsa

Biasanya sehari sebelum lebaran, orang-orang semua sibuk untuk mengirim pesan singkat (SMS) sekadar mengucapkan selamat Lebaran atau meminta maaf kepada kerabat dan sanak saudara. Hal ini menjadikan pulsa sebagai kebutuhan “primer” bagi orang-orang yang merayakan Lebaran.

  • Katering

Mendekati hari raya lebaran hampir semuanya sibuk mempersiapkan keperluan lebaran. Dan tidak berfikir lagi bagaimana agar menu makanan tersedia dengan baik. Saat hari H pun pasti disibukkan dengan tamu atau sanak saudara yang berkunjung ke rumah dan tidak memikirkan bagaimana memasak. Oleh sebab itu, dalam situasi seperti ini sangat dibutuhkan jasa katering saat menjelang dan hari H Lebaran.

  • Laundry

Jika para pembantu rumah tangga pulang mudik dan tidak ada penggantinya, maka laundry adalah solusi bagi mereka yang ditinggalkan pembantu. Karena kesibukan persiapan menjelang lebaran dan pasca mudik, tentu saja para ibu kewalahan untuk mencuci baju yang seabrek jumlahnya. Oleh karena itu, pasti mereka banyak mengandalkan jasa laundry

  • Bisnis Kardus

Jangan remehkan kardus-kardus yang tergolek di gudang anda. Jadikanlah itu sebagai lahan bisnis. Jual kembali kardus kardus itu karena pasti banyak orang membutuhkan kardus untuk keperluan packing barang saat mudik.

  • Rental Mobil

Punya koleksi mobil? Punya mobil 3 atau 4 yang berjejer di garasi? Lebih baik rentalkan saja kepada teman yang membutuhkan mobil tentunya dengan harga yang sedikit mahal dari tarif biasa ^^

  • Penitipan Barang atau Hewan

Saat mudik, banyak orang yang mengkhawatirkan barang berharga yang ada di rumahnya seperti TV, Emas, dll serta perawatan bagi hewan peliharaan. Oleh karena itu, jasa penitipan barang dan hewan peliharaan juga merupakan solusi bisnis terbaik saat lebaran

  • Bunga Tabur

Saat lebaran, selain bersilaturahmi ke rumah anak saudara  biasanya orang orang juga mengunjungi makam bersama. Memanjatkan doa agar yang telah tiada diberikan kelapangan kubur oleh Allah SWT. Untuk menunjang kegiatan berkunjung ke makam saudara, teman atau leluhur maka ada baiknya kita gunakan juga momen ini untuk berjualan bunga tabur.

sumber gambar : google image

3 thoughts on “Bisnis Musiman Saat Lebaran

  1. Pingback: Bisnis Musiman Saat Lebaran » dianeaninditya's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s