Tips Berbelanja Saat Lebaran

Tidak kurang dari 10 hari lagi hari raya Lebaran akan tiba. Sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim, maka para pedagang berlomba-lomba memberikan diskon khusus untuk menyambut hari Lebaran ini. Oleh karena itu tidak heran jika sejak sekarang sudah banyak terpampang promo-promo khusus atau tagline diskon Lebaran d banyak tempat. Orang-orang pun mulai berlomba-lomba memburu diskon-diskon yang ditawarkan. Kapan lagi? Mumpung uang ada (THR).. Begitulah anggapan para shopping-holic.. Namun sebagai perempuan yang cerdas, alangkah baiknya jika kita juga bijak dalam berbelanja. Tidak usah membeli apa saja yang kita mau, cukuplah membeli apa yang menjadi kebutuhan kita. Bagaimana caranya?

  1. Buat Catatan. Sebelum pergi berebelanja, catatlah dulu barang apa saja yang akan dibeli. Sesuaikan dengan budget yang anda miliki
  2. Jangan Bawa Kartu Kredit. Saat berburu diskon hari raya Lebaran, janganlah sekali kali anda membawa kartu kredit. Tinggalkan barang itu di rumah, dan anda cukup membawa ung tunai sesuai budget belanja yang sudah anda perhitungkan. Karena menurut saya, kartu kredit adalah “syaithon terbesar” dalam berbelanja, hehehe..apalagi berbelanja di tempat yang penuh diskon. Lebih baik, tinggalkan barang itu daripada anda membengkak setelah lebaran😀
  3. Bandingkan Harga. Sebelum memutuskan untuk membeli barang diskon, coba bandingkan dulu harganya. Cek di toko lain atau cari referensi harga di internet.  Dalam beberapa kasus, ada barang yang hrganya dinaikkan dulu baru kemudian di diskon, sehingga harga diskon ini hanya selisih sedikit dengan harga awal. Atau teliti dulu barang yang dibeli. Kadang kala, diskon tinggi diberikan untuk barang dengan model lama atau barang cacat.
  4. Mengajak Teman atau Orang Lain. Ajaklah orang kedua untuk menemani anda berbelanja, namun pastikan dulu bahwa orang yang anda ajak bukanlah tipe shopping-holic. Carilah teman yang bisa diajak berdiskusi tentang pemilihan model, kualitas barang, harga serta dapat mengingatkan anda jika sudah berbelanja terlalu banyak.
  5. Jangan terburu-buru. Jangan terburu-buru dalam memutuskan pembelian suatu barang, terutama saat membeli pakaian. Coba dan teliti dulu barang tersebut apakah cocok atau tidak. Jangan hanya karena sedang diskon besar-besaran anda menjadi terburu buru demi mendapatkan barang diskon lainnya sebelum diambil orang lain.

sumber gambar : google image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s