Tips Menabung Cerdas

Sudah memiliki penghasilan namun masih tetap susah menabung?

Terkadang bagi beberapa orang, menabung adalah kegiatan yang sulit dilakukan. Hal ini dikarenakan mereka lebih mementingkan keinginan mereka untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan mereka tanpa memikirkan jangka waktu panjang. Padahal manfaat menabung sangat besar untuk masa depan. Ada orang yang dengan penghasilan besar namun susah sekali untuk menabung, sebaliknya ada juga orang dengan penghasilan kecil namun mampu menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung.

Lalu bagaimanakah cara agar diri menjadi terbiasa menabung?

  1. Setelah menerima gaji SEGERA tabungkan uang anda. Minimal 10% dari penghasilan.
  2. Pisahkan rekening tabungan dengan tabungan yang biasa. Buat saja rekening di bank yang sama, agar saat mendapat transfer pemasukan, uang itu dapat langsung ditransfer tanpa memerlukan biaya transfer.
  3. Dilarang keras membuat kartu ATM pada rekening tabungan. Dengan tidak adanya kartu ATM, uang anda akan lebih aman karena uang tidak bisa diambil di mesin ATM.
  4. Tambahkan presentase tabungan. Jika pada awalnya hanya menganggarkan tabungan 10%, semakin lama seharusnya semakin naik maksimal hingga 30%
  5. Lupakan uang yang sudah ditabung. Maksudnya disini adalah anggap saja uang itu sebagai pengeluaran seperti budget pengeluaran perbulan anda dan tidak perlu mengingat ingat lagi uang tabungan.
  6. Rubah persepsi “Belanjakan dulu uangnya, lalu sisanya baru ditabung”. Coba putar balik persepsi itu dengan tabung dulu uangnya, sisanya bru dibelanjakan. Dengan persepsi seperti itu menjadikan tabungan adalah hal yang menjadi prioritas utam dalam manajemen keuangan anda.

Selamat Mencoba! ^^

sumber gambar : google image

4 thoughts on “Tips Menabung Cerdas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s