Bersahabat Dengan Buku

“Membaca adalah membuka jendela dunia” teringat dulu ketika saya masih duduk di bangku SD. Guru saya tak pernah berhenti untuk menanamkan motifasi besar untuk anak muridnya agar gemar membaca. Saat ini apakah kita perlu membaca meskipun kita sudah tak mengecap manis masa-masa sekolah dulu jawabnya pasti “iya”dong..!.

“ Dengan membaca kita bisa melihat dunia dari kaca mata sudut pandang pemikiran kita, kita bisa memiliki idealisme dengan beragam pengetahuan yang kita dapat”.

Tapi sebagian orang terutama masyarakat indonesia kurang gemar membaca, sebenarnya  banyak sekali faktor yang menyebabkan perasaan malas,jenuh,capek apalagi ketika kita disuguhkan dengan buku super tebal. Membangun minat seseorang untuk gemar membaca memanglah tidak mudah, namun hal ini juga tidak sulit, semua itu bisa karena terbiasa, karena ada kemauan semua pasti bisa dilakukan.

Berawal dari masalah

Singkat cerita tentang seorang sahabat dulu. Sahabat saya hobinya koleksi buku motifasi, mulanya ia seorang yang tidak gemar membaca namun setelah ia menemukan sebuah masalah dalam kehidupnya entah mengapa tiba” ia menemukan buku motifasi bagus yang mampu membuat ia bisa menghadapi serangkaian masalahnya dengan positif thinking. Alhasil hobi membacanya itu tidak ia tanamkan pada satu buku saja, namun pada buku-buku lainnya. Kemudian sampai akhirnya ia benar-benar menjadi kutu buku sungguhan ,,hehhe, namun bukan hanya itu saja kawan, ternyata ilmu dari apa yang ia dapat dari hasil membaca kini  bisa ditularkan kepada kita semua.

Hal Ini yang membuat saya terkagum- kagum, berawal dari masalah yang menimpa sahabat saya tadi, ternyata kita bisa menjadikan buku sebagai sahabat setia disaat tidak ada satupun orang lain yang bisa mengerti situasi kita. Namun bukan berarti juga kita harus menghadapi suatu masalah dulu baru gemar membaca buku. Teringat dari  buku “motisakti” karya Zen El-Fuad, beliau mengatakan:

“ Lakukan dengan tulus maka hasilnya akan meyebar”

Temukan ideologi baru

Membaca buku berarti menambah ideologi baru, wawasan baru, kita bisa merancang sesuatu berdasarkan alam bawah sadar kita sendiri, berfikir untuk mengubah dunia menjadi lebih baik lagi. Apakah ia?? Jawabnya “iya” karena setiap orang tumbuh dan berkembang dengan apa yang dia fikirkan seperti “ you’re what you think” kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Dengan membaca kita bisa menelaah semua potret sisi kehidupan di duna dengan seluas-luasnya. Membuka cakrawala selebar-lebarnya seperti apa yang kalian mau.

Jadikan sahabat setia

Seperti apa yang saya katakan diatas, jadikan buku sebagai sahabat setia disaat tidak ada satupun orang lain yang bisa mengerti situasi kita. Ini yang saya rasakan bersama teman-teman lainnya setelah mengecap manisnya manfaat dari buku yang kita baca. Terutama buku motifasi, dengan membacanya kalian bisa merasakan energi baru. Seperti seakan menemukan sebuah kekuatan baru. Jika kalian pernah merasakan hal ini, berarti kalian mendapat manfaat dari apa yang kalian baca. Jadikan buku sebagai teman bermanfaat untuk kita, dengan itu kalian pasti  akan senantiasa menjadikannya sahabat yang gak akan pernah lepas dari kehidupan kita. Jangan pernah berfikir kalian sendirian dikala tidak ada satupun orang lain yang mengerti kita. Kita punya tuhan dan kita juga punya buku sebagai pelipur lara.

Nah seusai membaca postingan ini saya ingin memberikan kalian satu semangat baru, semangat yang harus kalian tanamkan mulai saat ini, yakni “gemar membaca”. Saya punya jaminan kalau membaca tidak akan menambah kerugian kalian sedikitpun,malah justru kalian bisa temukan manfaat dari membaca yang mungkin tidak perlu saya jelaskan lagi, cukup rasakan dan telaah apa yang kalian baca, serta amalkan kebaikannya. Semoga kita semua bisa menebarkan semangat kebaikan dari membaca. Satu kata lagi untuk kalian dari saya “ ACT NOW” lakukan sekarang juga…!.

12 thoughts on “Bersahabat Dengan Buku

  1. Se7 banget tuh, saya jadi ingat filosof Descartes tentang Cogito Erfo Sum (saya berfikir maka saya ada) semakin kita berfikir dengan mambaca maka kita ada). Eh salah gak y! jangan2 gak connect nich, eeee, Selamat Membacaaa Cemangaaat y!!…

  2. makasih sharenya mas. bermanfaat sekali buat kita. o ya, saya lagi gerah ni sama pengelola blog yang hobinya copas dari blog orang lain. penjahat2 itu copas untuk dilink lagi ke bisnis onlinenya. bikin artikel lagi mas yang mengkampanyekan gerakan perangi penjahat copas di internet.

Leave a Reply

