Arti Sebuah “Ide”

“Ide ternyata bukan hanya buat mereka yang kerjanya di creative design, penulis,dan designer aja lohh”

manusia pasti butuh ide agar semuanya berjalan dengan baik disituasi apapun, ketika kerja, belajar, memasak, bahkan dalam dunia tulis menulis. Ide itu bisa hadir dari mana saja, kapanpun dan dimanapun. Namun tidak semua orang memiliki ide yang cukup brilian ketika mereka harus menghadirkannya setiap saat. Percayakan… kalau ide yang kita dapat kadang gak pernah bisa kita prediksi kapanpun dan dimanapun?.

Meskipun kebanyakan orang yang selalu bilang “ gw ngak bakat kerja disini, coz gw ngak punya banyak ide” . Apa jadinya kalau kita ditugaskan untuk mencari ide di perusahaan yang sebenernya ngak pernah kita bayangin. Menuntut ditiap harinya untuk mencari ide baru? Mau ngak mau kita harus ikut aturan mereka, kalau kita ngak mau hengkang disana.

Menurut saya Ide itu:

“ ketika kita memiliki suatu kreatifitas yang hadirnya dari tuhan, kita syukuri lalu kita realisasikan kedalam bentuk nyata diamanpun,kapanpun selama kreatifitas kita dibutuhkan banyak orang”.

Meskipun Ide itu datangnya dari karunia Tuhan Yang Maha Esa, namun tetep aja ide itu bakal stag kalo kita ngak mencarinya. Ibarat kata, semisal kita berdoa terus namun ngak ada usahanya. Jadi semudah atau sesulit apapaun ide yang kita dapat intinya harus dicari, bukan menunggu.

Kebiasaan

“The first habit that makes you, then you will get used”. Mulanya kebiasaan yang membuat kita, lama-lama kita juga akan terbiasa kok buat ngehadirin ide. Percaya deh, jangan pernah menyerah untuk meraih ide yang brilian setiap harinya. Tapi jika kerjaan kalian memang senantiasa menuntut ide, so pasti  sesekali ada aja bad mood,momen dimana hari suntuk yang membuat kalian kehilangan ide. Dengan kebiasaan mencari ide, kalian akan dipaksa berfikir untuk lebih kritis lagi. So,,kebiasaan ini yang membuat kita terbiasa bersahabat dengan kreatifitas.

Possitif thinking

Ternyata untuk  urusan ide kita juga harus mengedapankan possitive thinking.  Dengan senantiasa kita terus berfikir positif,mudah-mudahan ide akan datang dengan sendirinya. Jangan kehabiasan akal jika kalian merasa “ hari ini gak ada ide”, atau “ hari ini lagi ngak mood” buang jauh-jauh anggapan tersebut. Ide akan muncul dengan sendirinya jika kita senantiasa berfikir positif sama halnya seperti “ law attraction” hukum ketertarikan.

Natural

Biarkan semuanya berjalanan natural, biarkan saja ide mengalir apa adanya, terkadang sesuatu ide yang sederhana mampu menghadirkan  karya yang luar biasa. Jadi lihatlah dari makna pada sebuah karya berkat ide, bukan bagaimanan cara bersusah payahnya.

Banyak latihan

Ini dia yang keseringan yang jarang dilakukan orang utuk mendapatkan ide, mereka sulit sekali latihan. Sebenarnya sering latihan akan mengasah kemampuan kita untuk menghasilkan ide yang brilian. Tidak berbeda dengan teknik menghapal, semakin banyak menghapal semakin banyak juga hapalan yang kita dapat. Begitupun dengan ide yang ingin kita peroleh, cobalah untuk banyak latihan dengan cara mengkaji hasil karya orang lain, mencari referensi dari manapun akan membuat ide kita mengalir dengan sendirinya.

Eksplore kemampuaan

Coba untuk sering menggali kemampuan terpendam kalian, jangan slalu beranggapan kalo kalian hanya memiliki kemampuan yang satandar, sementara kemampuan kalian bisa lebih dengan standar. Untuk melakukan cara ini bisa dilakukan dengan banyak, melihat setiap situasi dengan bijaksana atau bahkan lebih dalam lagi. Mencoba Inovasi baru yang sebelumnya belum pernah ada, mungkin bisa ngasah bakat terpendam kalian.

Beberapa poin diatas hanyalah cara agar kalian bisa mendapatkan ide, namusn semua itu balik lagi pada diri kita sendiri. Seperti halnya pisau, kehadiran ide juga perlu diasah dengan bebberapa latihan dan juga semangat. Untuk itu tetap bersemangat di dalam situasi apapun agar ide kalian mengalir terus seperti air.

4 thoughts on “Arti Sebuah “Ide”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s