Tips Memilih MP3 Player

Ada banyak alat pemutar musik atau MP3 player yang tersedia di pasaran saat ini, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Dari yang ukurannya besar, sampai yang kecil imut tipis. Kualitasnya pun beragam. Meski ada banyak variannya, tak urung perihal memilih gadget kecil ini menjadi perkara yang sulit. Saya juga terus mengalami hal sama. Apalagi karena saat ini, teknologi pada alat pemutar musik sejenis ini makin berkembang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih MP3 player. Yuk, kita simak beberapa tips berikut ini.

Kualitas

Bicara soal kualitas biasanya tidak akan lari dari merk/brand. Ada banyak banget merk yang bisa dipilih, tentunya dengan harga yang bervariasi. Misalnya produk apel kegigit itu yang harganya selangit, tapi memang sangat bagus. Jika anda tertahan pada budget, sebaiknya cari review tentang produk yang akan dibeli. Agar anda tidak menyesal di kemudian hari. Perhatikan juga kualitas suara. Tapi ini biasanya lebih ke headphone atau earphone-nya sih.

Kapasitas Memori

Buat saya, kapasitas memori sebenarnya bukan hal yang utama. Akan tetapi, kapasitas memori yang lebih besar bisa memuat lagu yang lebih banyak. Ini cocok sekali dengan anda yang menyukai banyak aliran musik sehingga anda butuh lebih banyak tempat untuk menyimpan lagu-lagu anda. Ga usah khawatir, hampir semua MP3 player masa kini memiliki kapasitas minimal 1 GB. Cukup untuk memuat sekitar 500 lagu. (kalo ga salah ya)

Desain

Desain MP3 player mestinya sih harus sesuai dengan kebutuhan. Lihat juga tombol-tombolnya, apakah mudah dipencet atau tidak. Lihat tampilan menunya juga. Desain yang terlalu ribet juga bisa menyusahkan anda. Jika anda suka yang modelnya stylish, tentu bisa disesuaikan dengan warna yang diinginkan.

Kualitas Baterai

Penting sekali untuk anda mengetahui kualitas baterai pada barang yang ingin dibeli. Sesuaikan juga dengan kebutuhan anda. Misalnya jika anda butuh MP3 player selama perjalanan ke kantor yang mencapai 3 jam, carilah MP3 player dengan daya kekuatan baterai yang baik. Sekarang ini, ada banyak pemutar musik yang bisa tahan sampai lebih dari 6 jam. Tapi, semuanya tetap balik lagi ke bagaimana anda memakainya. Volume yang lebih besar akan menghabiskan baterai yang lebih banyak.

Speed USB

Ini penting sekali terutama saat dicolok ke komputer atau laptop anda. Gunanya tentu saja saat ingin memindahkan atau meng-copy lagu dari dan ke MP3 player. Semakin cepat speed USB-nya maka proses pemindahan juga akan semakin cepat. Jadi lebih menghemat waktu dan lebih efisien kan?

Sekian tips dari saya. Punya tambahan saran? Ditunggu komentarnya ya… mudah-mudahan postingan ini bermanfaat bagi anda yang akan dan ingin membeli MP3 player baru ^__^

Gambar: ipods.techfresh.net, igadgetbuzz.com, hothotbuzz.com

16 thoughts on “Tips Memilih MP3 Player

    • emang sih, tapi masih banyak orang kok yang tetap menambatkan hatinya pada mp3 player karena lebih simple. hape emang jadi sumber utama buat hiburan, tapi biasanya jadi bikin hape boros baterai.. thanks dah main ke blog saya :))

  1. Pingback: Gadget yang Wajib Dibawa Saat Liburan « click your hobby

  2. ehmm,🙂 saya punya mp3 yang baru 2 bulan, ,tapi koq pas nge cass udah ga bisa, , padahal kabel udah bener , apa mungkin MP3nya yang rusak apa cassan yang rusak ?

    thanks yh

    • min gmana nih mp3 saya suaranya karoke gtu, jd ga ada suara nyanyiannya, udah d coba berbagai headset yg lainnya tp tetep aj begitu.. gmana.? atau portnya yg kurang.?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s