Jual Beli Online, Tren Belanja Saat Ini

Hari gini yang namanya belanja sudah jadi semacam kebutuhan hidup bagi sebagian orang. Belanjaannya juga tidak sebatas fashion atau kebutuhan rumah tangga lainnya. Saat ini, tren belanja masyarakat kita sudah sangat maju, jual beli online (online trading).

Tentu saja, mengingat saat ini, internet sudah tumbuh menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting kehadirannya. Orang-orang kini tak peru jauh-jauh atau repot-repot mencari akses internet. hadirnya smartphone, tablet PC dan beragam gadget berbasis wifi memungkin kita untuk dengan mudah mencari barang yang kita inginkan. Apalagi kini banyak toko online yang berhamburan di jejaring sosial.

Potensi pasar online memang sangat besar. Tapi seperti dua sisi koin yang berlainan, jual beli online juga memegang beberapa resiko. Ini sih, semacam pemikiran saya aja yah.

Keuntungan

Keuntungan dari jual beli online sebenernya banyak banget. Mulai dari prosesnya yang mudah dan minim biaya. Buat yang baru mulai usaha jualan kecil-kecilan, pasar di sosial media sepertinya cukup bagus. Semuanya bisa dimulai dari teman dekat, yang nantinya bisa nyebar ke temen-temennya temen kita. Buat para pembeli, shopping online itu enak banget (pengalaman). Mudah, murah (ga pake ongkos), dan ga pake capek. Tinggal search di google pake kata kunci yang kita mau, langsung deh muncul toko-toko online-nya. Biasanya, saya mencari lokasi seller yang kalo bisa sih satu kota dengan saya biar lebih murah ongkos kirimnya. Malah, kita bisa COD (Cash on Delivery); yaitu ketemuan langsung dengan seller untuk proses jual belinya. Enak kan?

Kerugian

Jual beli online itu harus teliti, jika tidak teliti, siap-siap saja menghadapi resikonya. Asas kepercayaan dijunjung tinggi di sini. Nah, untuk meminimaisir resiko penipuan dalam online shopping, ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu profil si seller. Anda bisa minta testimonial (semacam komentar berisi reputasi) tentang seller dan barang jualannya. Itu jadi hak anda. Jika tidak ada testimonial, lebih baik cari seller lain.  Jika ingin lebih aman, ada bisa mampir ke beberapa forum khusus jual beli. Dalam forum tersebut biasanya ada sistem pembayaran di mana ada perantara dalam proses jual belinya. Terutama jika anda membeli barang dengan harga yang lumayan mahal.

Kerugian lainnya adalah pada barang yang kita beli. Karena hanya melihat gambarnya, kadang kualitas barang yang kita beli tidak sesuai harapan kita. Kalau sudah begini ya pasrah saja. tapi anda tetap bisa komplain kok. Bagi penjual, kadang ada saja kasus di mana kiriman tidak sampai ke tujuan karena lamat yang kurang lengkap. Ini tentu saja merugikan pihak penjual. Lainnya, karena penjualan berdasarkan pada koneksi internet, gangguan pada internet bisa jadi hambatan paling besar.

Bagaimana? Masih tertarik denga jual beli online? Tidak ada salahnya di coba. Saya sudah beberapa kali menjadi pembeli dan ingin sekali mencoba jadi penjual. Mudah-mudahan ada rezeki untuk memulai usaha toko online. Doakan saya ya!

Gambar: guim.co.uk, keepingupwithme.net

2 thoughts on “Jual Beli Online, Tren Belanja Saat Ini

  1. saya juga sering belanja online, malah sangat jarang sekali saya jual beli lewat toko..
    selain mudah n harganya jauh lebih murah di banding dengan beli di toko2, kadang barang2 di online shop itu unik2, ga ribet dan langka..

    so belanja online itu SESUATU BANGET!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s