Steve Jobs in Memoriam

Pagi ini saya dan dunia mendapat kabar duka cita. Steve Jobs, sang CEO Apple, meninggal dunia. Berita ini santer di mana-mana. Apalagi, website www.apple.com langsung memampang foto sang maestro di halaman depannya dengan judul Steve Jobs 1955-2011. Ini dia screenshot-nya.

Steven Paul Jobs lahir di San Francisco, Amerika Serikat pada tanggal 24 Februari 19955 silam. Kabarnya, ia meninggal karena penyakit kanker pankreas yang telah lama dideritanya. Kariernya di dunia IT memang telah dimulai sejak dia masih sekolah. Ketika usianya menginjak 21, dia bersama seorang teman malah mendirikan Apple.

Meski terkenal sangat keras dalam memimpin, Jobs ternyata seorang penggemar Beatles (eh, ga berhubungan ya?). Well, yang saya baca begitu. Beatles memang idola semua orang, termasuk orang-orang yang sangat berpengaruh di dunia.

Satu hal yang saya suka dari Jobs adalah—selain gaya kepemimpinannya yang tegas dan temperamental—adalah bagaimana dia bisa bangkit dari semua hal yang telah menyingkirkannya. Dan semua itu dia lakukan dengan menciptakan inovasi baru. This is my favorite quotes:

Sometimes when you innovate, you make mistakes. It is best to admit them quickly, and get on with improving your other innovations.

Yang kurang lebih jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia kira-kira begini, “Ketika anda berinovasi, anda pasti membuat kesalahan. Hal terbaik adalah dengan mengakui kesalahan tersebut segera mungkin, lalu mengembangkan inovasi lainnya.” (maaf ya kalo translate-nya agak aneh, hehe)

Gaya kepemimpinannya yang keras terlihat dari quote berikut ini:

To turn really interesting ideas and fledgling technologies into a company that can continue to innovate for years, it requires a lot of disciplines.” (translate: Dibutuhkan ilmu yang sangat banyak untuk mengubah ide yang menari dan teknologi yang masih baru ke dalam suatu perusahaan yang dapat terus berinovasi selama bertahun-tahun.)

Bagi anda yang ingin baca biografinya bisa masuk ke Wikipedia, atau mencari buku biografinya yang berjudul iCon: Steve Jobs dan The Second Coming of Steve Jobs.

Good bye Steve Jobs…

Gambar: www.apple.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s