Geliat Gadget Touchscreen

Jaman sekarang mungkin jamannya serba touchscreen atau leyar sentuh ya. Mulai dari komputer/laptop, TV, alat pemutar musik dan juga handphone. Touchscreen atau ‘layar sentuh’ adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan pada tampilan layar, biasanya menggunakan pena digital khusus atau dengan jari.

Penggunanya cukup menyentuh gambar atau tulisan di layar untuk mengoperasikan gadget. Saking mudahnya, kini banyak gadget yang menggunakan teknologi ini. Tapi, tidak semua gadget touchscreen itu sama. Terutama pada gadget handphone.

Ada dua tipe touchscreen yang banyak dijual di pasaran, yaitu capasitive dan resistive. Berikut penjelasannya.

Capasitive

Tipe touchscreen capasitive bekerja dengan cara mengukur interaksi antara sinyal elektrik di atas layar dan jari tangan pengguna. Tampilan layarnya sangat jernih, dan sangat mulus untuk dioperasikan dengan jari tangan. Namun, gadget jenis ini tidak bisa dipakai dengan stylus (pena digital yang biasanya dipakai dengan gadget touchscreen). Orang-orang di tempat dingin, yang seringkali menggunakan sarung tangan, atau orang-orang dengan kuku panjang akan sulit menggunakan gadget jenis ini.

Contoh handphone dengan tipe capasitive touchscreen adalah: iPhone, Blackberry Storm, HP Android Google, Motorola Miestone, LG, Samsung Galaxy dll.

Resistive

Tipe resistive touchscreen bekerja dengan cara memanfaatkan tekanan dua lapisan tipis di atas layar. Karena itu, tipe ini sangat sensitif terhadap tekanan, jadi memungkinkan penggunaan stylus. Layarnya mungkin tidak sejernih layar pada tipe capasitive, tapi jenis ini biasanya lebih murah biaya produksinya. Penggunaanya yang sensitif tekanan membuatnya bisa dipakai ketika menggunakan sarung tangan, atau menggesernya dengan kuku jari.

Contoh handphone tipe ini adalah Xperia X1 dan X2, Nokia tipe X dan N, HTC touch Viva, HTC Diamond, Samsung Star dan Jet, dll.

Mudah-mudahan infonya bisa bermanfaat yaaa🙂

 

Sumber: http://fajarichwannoor.wordpress.com, wikipedia

Gambar: tofiknurhid.tk

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s