GERD, Gangguan Lambung Berbahaya

GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease adalah salah satu nama penyakit pencernaan di mana asam lambung atau empedu naik atau berbalik (reflux) ke kerongkongan. Penyakit ini biasanya merupakan penyakit menahun. Meski demikian, GEDR ini sebenarnya adalah fenomena fisiologis yang normal yang seringkali kita rasakan sehabis makan.

Bagaimana cara mendeteksi GERD? Penyakit ini memiliki gejala sebagai berikut:

  1. Perut kembung hingga terasa keras dan membesar.
  2. Ketika bersendawa keluar cairan berbusa dari mulut.
  3. Muntah terasa asam dan pahit, berwarna kuning dan iasanya bercampur darah.
  4. Jadwal menstruasi kacau (bagi wanita) dan saat mens sangat sakit.
  5. Tensi darah rendah.
  6. Nyeri di dada yang menjalar ke atas, punggung dan leher.
  7. Produksi air ludah berlebih.
  8. Heartburn (rasa terbakar/rasa nyeri yang amat sangat di dada) yang biasanya juga naik ke kerongkongan. Mulut biasanya berasa sangat kecut.
  9. Susah dan sakit saat menelan.
  10. Batuk kering atau berdahak.
  11. Sesak nafas layaknya menderita asma.
  12. Membaliknya cairan asam atau makanan.
  13. Sakit tenggorokan dan berasa seperti tersumbat benda asing.

Hati-hati lah jika gejala-gejala tersebut sering anda alami atau selalu anda alami. Sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit. Karena ketika semakin parah, gejala-gejala tersebut bisa berujung pada serangan jantung dan kematian.

Seram sekali ya. Nah, katanya ada beberapa hal yang meningkatkan resiko penyakit GERD ini. diantaranya adalah penyakit asma, diabetes, obesitas, kehamilan, suka merokok, dan seringnya membiarkan lambung terus kosong.

Penyakit GERD ini awalnya memang seperti radang tenggorokan biasa, tapi jika tidak segera diperiksakan ke dokter dan diobati bisa memicu penyakit kanker esophagus.

Ayo kita hidup sehat!!

Sumber: http://netsains.com

Gambar: http://apainiapaitu.com

9 thoughts on “GERD, Gangguan Lambung Berbahaya

  1. Aku pernah ngalamin seperti hal tersebut diatas, aku gak mau membiarkan lambung kosong. Tapi herannya kalo dibawa puasa sembuh, mungkin berkah dari puasa. Dengan puasa pikiran tenang, karena bila pikiran gak tenang akan menstimulir/merangsang lambung untuk memproduksi asam lambung yang berlebih, akibatnya terjadi iritasi sehingga timbul mual, bahkan muntah.

    Pesan nenekku dulu, jangan sampe deh kena penyakit GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease, karena gas mahal harganya ya Mbak Diane. Wkwkwkwkwkwk…….. selamat bertugas semoga sukses selalu.

    Terus menulis Mbak, dan berikan ilmu kepada orang lain, karena ini merupakan salah satu amalah yang gak pernah putus, walau kita telah tiada. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. GBU.

    • pernah kena gerd??
      wow serem ya kayanya…
      emg puasa itu bikin lambung sehat katanya. kalo aku sih biasanya agak2 perih pas awal2 puasa, tapi kalo udah rutin puasa malah bikin enak di perut…yg penting emg harus jaga makan juga kali ya. thanks ya atas pesan2nya. saya jadi terharu :”(

  2. Aq pernah mengalami GERD. Udah banyak menghabiskan obat dokter, tapi gak sembuh juga. Ternyata obatnya gampang. Satu jam sebelum makan dan sebelum tidur, makanlah buah pepaya. Lakukan selama 2 minggu. Atau ambil daun pepaya dan kunyit, tumbuk halus, tambahkan sedikit air, saring dan minum 3x sehari. Insyaallah sembuh. Saya sudah membuktikan.

  3. wah, ternyata saya sedang mengalami GERD nih,
    tiap pagi mual, harus langsung makan bubur dan dilanjutkan makan permen agar tidak mual,
    sudah bertahun-tahun ndak sembuh sembuh.
    Kalau terlanjur muntah harus di infus,
    Ndak bisa obat oral..
    Apakah GERD bisa sembuh total yah?,
    Cara mengobatinya gimana?

  4. untuk info hub ‎06177773302/082369368485-bb 27bb424f. 0617357766.* solusi atasi maag /kronis/gerd dengan terapi pola makan coba dan buktikan . Mata beras adalah salah satu bagian kecil dari biji padi yang memiliki kandungan gizi mencapai 66% dari total seluruh kandungan gizi pada biji padi.

    Tepung Mata Beras / Coarse Rice Powder
    Mata beras yang diproduksi oleh Naturefarm (Coarse Rice Powder – NatureFarm) dihasilkan dari mata padi pilihan dan dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet (100% alami). CRP – NatureFarm tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral tetapi juga tinggi kandungan seratnya yang bermanfaat dalam proses pencernaan makanan dalam usus. CRP – NatureFarm mengandung nilai gizi yang tinggi, mengandung nutrisi yang sangat baik untuk menjaga stamina dan memelihara kesehatan tubuh Anda & keluarga.

    Tepung Mata Beras/CRP mengandung sangat banyak serat yang cocok untuk DIET agar berat badan tubuh tetap ideal. Serat ini mampu menyerap air dan dapat lebih lama tinggal di dalam lambung, sehingga memperlambat timbulnya rasa lapar. Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang memiliki problem dengan berat badannya. Serat yang ini juga mampu mengikat sisa-sisa metabolisme dalam saluran pencernaan, sehingga zat-zat berbahaya ini tidak ditimbun dalam usus melainkan keluar bersama kotoran. Dengan demikian, serat dalam Tepung Mata Beras membantu mencegah terjadinya keganasan dalam usus.
    Manfaat Mengkonsumsi Tepung Mata Beras atau CRP – NatureFarm secara Rutin

    * Membantu menghindari dari terjadinya keganasan dalam usus
    * Membantu mencegah kanker usus besar dan payudara
    * Membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol
    * Mengaktifkan sirkulasi darah
    * Membantu menurunkan berat badan
    * Mengaktifkan sirkulasi dalam darah
    * Memperkuat lambung & memperbaiki saluran pencernaan
    * Mencegah sembelit
    * Membantu mengatasi gangguan pada liver
    * Membantu proses detoksifikasi
    * Membantu mengatasi diabetes
    * Membantu mengatasi anemia
    * Mencegah usus buntu

  5. saya sepertinya kena GERD karena dadaku terasa tdk enak, perutkan selalu berbunyi, sering keluar gas(kentut) dan sendawa, penderitaan ini sdh ckp lama , kedokter sering sekali, mungkin teman2 bisa sharring kira2 obat apa yg mujarab, tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s