Scrapbook, Seni dalam Memorabilia

Anda tau apa itu scrapbook? Mungkin banyak diantara anda yang masih belum ngeh dengan scrapbook. Scrapbook adalah sebuah wadah tempat menyimpan segala sesuatu yang kita anggap penting dalam hidup kita. Bentuknya seperti memorabilia album, di mana kita bisa menyimpan foto, lengkap dengan berbagai macam dekorasi, catatan, atau benda-benda lainnya yang bisa disimpan di dalamnya.

Scrapbook sebenarnya telah lama membooming di Amerika. Di Indonesia, scrapbook juga sudah mulai merajalela. Apalagi, scrapbook adalah satu wadah di mana si pembuat bisa menuangkan segala macam emosi dan kenangannya ke dalam seni.

Meski demikian, bahan baku pembuatan scrapbook di Indonesia masih sangat terbatas. Para pencinta scrapbook atau biasa disebut scrappers atau scrapbookers kadang harus ke toko khusus yang menjual alat-alat membuat scrapbook. Dan biasanya toko-toko ini hanya menjual barang impor.

Eh tapi kenapa harus cari toko khusus? Ini karena seni scrapbook membutuhkan bahan baku yang berkualitas demi menjaga kualitas barangnya.

Lalu, apa enaknya punya scrapbook? Scrapbook juga bisa dipakai sebagai diary. Karena biasanya kita menaruh semua hal di dalam diary kan? Seperti potongan-potongan notes, lalu tiket bioskop, tiket kereta, foto-foto travelling (misalnya). Menyimpannya dalam album khusus tentunya akan lebih menarik kan? Belum lagi sensasi ketika kita meihat seni di dalamnya.

Scrapbook juga bisa digunakan sebagai kenang-kenangan atau hadiah pernikahan. Isinya bisa saja foto-foto pre-wedding sang pengantin yang dihias. Atau juga untuk momen-momen lainnya.

Mungkin anda akan berfikir, untuk apa repot-repot seperti itu? Kan ada flicker untuk menyimpan foto? Belum lagi jejaring sosial juga sangat mudah diakses. Jika anda seseorang yang berpikir seperti ini, ada yang disebut sebagai digital scrapbooking. Yaitu, membuat scrapbook secara digital. Anda bisa menggunakan scanner, program untuk mengedit layout, dan anda bisa mempublikasikannya.

Ingin melihat seperti apa scrapbook? Find out more here.

Sumber: wikipedia

Gambar: http://o5.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s