Belajar Sikap Menawan dari Dongeng

Dulu sewaktu kecil kita sering sekali mendengarkan orangtua kita berdongeng. Dongengnyapun bermacam-macam. Nah bedanya jaman dulu dengan jaman sekarang, Jika orangtua dulu selalu menyempatkan untuk berdongeng. Berbeda dengan orangtua jaman sekarang, hampir semua diantara mereka sudah sibuk jadi sulit sekali untuk menyempatkan berdongeng.

Dongeng saat kini memang sudah banyak di modifikasi, tapi anda dan saya pastinya ingat kan dengan dongeng turun temurun yang tidak pernah hilang dimakan jaman. Nah untuk meneladani sikap-sikap menawan  terutapa belajar menjadi seorang wanita yang baik hati, tidak ada salahnya untuk mencontoh beberapa tokoh putri dalam dongeng  dibawah ini yang sabar dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan. Berikut ini dongeng-dongeng  yang mampu memeberikan keteladanan untuk kita  dari masa kemasa:

Cinderella

Saya rasa cerita Cinderella tidak pernah hilang sampai sekarang, cerita inipun kerap dijadikan tema yang pas untuk drama maupun film. Kisah yang menceritakan seorang putri yang baik hati namun mendapatkan perlakuan jahat dari sang ibu dan kakak tirinya, suatu saat ia ngin sekai menghadiri pesta, namun tiba-tiba datang seorang peri lalu mengubahnya menjadi gadis paling cantik di pesta tersebut. Sebagai syaratnya,Cinderela pun harus pulang tepat jam 12.00 malam.Dongeng ini paling khas dan tak terlupakan yakni dengan sepatu kaca yang terlepas dari kaki Cinderella di Pesta tersebut, kemudian penasaran dengan gadis cantik dipesta tersebut, sang pangeran mencarinya dan akhirnya pangeran menemukan bahwa sepatu tersebut milik cinderella. Kisah ini memberikan pelajaran untuk kita bahwa keasabaran akan mengalahkan semuanya.

Putri Salju

Siapa yang tidak ingat kisah putri cantik dan putih ini. Kecantikannnya yang menawan hingga membuat ibu tirinya iri dengannya hingga akhirnya hendak mencelakakan putri salju. Setelah itu sang putri akhirnya di selamatkan oleh seorang pangeran tampan dan akhirnya mereka hidup selamanya.Kisah putri salju pun tidak terlepas dengan 7 kurcaci yang baik hati serta senantiasa selalu bersama-sama sang putri. Pelajaran yang bisa kita petik disini adalah iri hati hanya akan  menambah kecelakaan untuk kita sedangkan sifat yang tulus dan ikhlas akan membuat kita bahagia.

Bawang Merah & Bawang Putih

Bawang Merah dan Bawang Putih merupakan salah satu dongeng yang melegenda di indonesia. Itu sebabnya cerita ini kerap sekali diflmkan, terlepas dari cerita dalam dua karakter yang berbeda sibawang putih merupakan sosok anak yang sabar dan berbeda dengan bawang merah yang selalu jahat dan kasar. Palajaran yang bisa kita ambil dari dongeng bawang putih banwang merah ini ternyata sikap yang manis, sabar, suka menolong pasti diberikan balasan yang setimpal dengan perbutannya begitupun dengan perbuatan jahat.

Si cantik dan si  buruk Rupa

Saya paling senang jika mendengar dongeng ini ketika dulu diceritakan sang bunda. Meskipun kerap dikartunkan beberapa kali namun setiap kali selalu memberikan chemistry tersendiri di dongeng tersebut. “ Si cantik dan si buruk rupa” atau yang sering disebut “ Beauty and the best” kisah ini memeberikan pelajaran bahwa kasih sayang dan cinta yang tulus pasti mampu mengalahkan yang namanya keburukan apapun. Cinta yang tak pandang bulu pasti memebrikan kebahagiaan yang luar biasa.

Meskipun masih banyak dongeng-dongeng lainnya yang saya yakin pasti mampu menginspirasi kita semua untuk memetik pelajaran luar biasa. Namun beberapa dongeng diatas mudah-mudahan bisa menginspirasi anda, kalian, dan juga saya untuk belajar memaknai hidup dari dongeng-dongeng tersebut. Semoga bermanfaat ^^

sumber gambar : http://www.nunanostra.wordpress.com, http://www.lintas21.blogspot.com,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s