Filateli, Hobi Yang Kian Tenggelam

Seiring perkembangan teknologi saat ini. Hobi megumpulkan aneka macam perangko atau yang sering kita sebut filateli pun kian merosot dari tahun ke tahun.

Jika biasanya dulu kita sering banget mengumpulkan perangko, namun saat ini tradisi itu seolah sulit sekali kita temukan. Meskipun ada sebagian orang yang tetap hobi mengoleksi perangko sampai saat ini. Untuk di Indonesia ada yang namanya perkumpulan filateli Indonesia. Di tempat ini menghimpun bagi mereka yang hobinya mengumpulkan perangko dari seri terbaru sampai perangko langka/ klasik.

Arti Perangko sendiri adalah tanda pelunasan porto dan biaya pos. Dengan hobi mengumpulkan perangko / filateli kita juga dapat menyampaikan pesan menganai berbagai kepentingan masyarakat sosial, pesan moral bahkan menggambarkan keindahan alam dan juga nilai sejarah.

Jenis perangko banyak sekali macamnya, dan setiap negarapun merancang dan mencetak berabagai macam perangko yang berbeda. Maka dari itu tak jarang filatelis berburu perangko langka hingga ke luar negri. Woow… keren kan??

Apa sih yang sebenarnya dicari dari kolektor perangko ini atau filatelis.?. Nah pada umumnya jumlah dan variasi perangko sangatlah banyak dan tidak terbatas. Kegemaran filatelis ini juga macam-macam. Ada yang hobi mengumpulkannya berdasarkan tema atau seri tertentu, design khusus,edisi tua sampai mengumpulkan design perangko dengan kesalahan cetak/ design, misalnya ada satu huruf yang lupa ditulis. Perangko jenis ini biasanya sangat langka dan memiliki nilai yang lebih tinggi dari nilai perangko lainnya.

Contohnya, seperti hobi mengumpulkan;

perangko langka

Perangko kuno

Perangko Bunga

Perangko Buah 

Perangko Seri Indonesia Tempo Dulu

Dan masih banyak lagi lainnya…..:)

Jenis perangko ini bisa kita klasifikasikan sebagai berikut:

Perangko Amal: perangko yang diterbitkan dan dijual dengan tambahan biaya guna menghimpun dana kemanusiaan.

Perangko Definitif: Perangko ini digunakan untuk pengguna rutin dalam suatu urutan nilai  untuk memenuhi kebutuhan pos.

Perangko Peringatan: biasanya perangko ini digunakn untuk  memperingati suatu peristiwa atau kejadian tertentu.

Perangko istimewa: perangko yang dibuat untuk mempromosikan masyarakat guna melakukan sesuatu.

unik-unik dan cukup langka, pantes aja banyak filatelis banyak yang merasa belum puas sebelum mendapatkan perangko yang terbilang unik dan langka. Ternyata perangko-perangko yang unik dan langka mampu menambah nilai yang lebih tinggi dibandingkan dari perangko lainnya.

Meskipun surat-menyurat terbilang sudah jarang digunakan, karena saat ini masyarakat cenderung menggunakan komunikasi elektronik dan digital namun filateli merupakan salah satu hobi yang wajib dilestarikan oleh berbagai kalangan. Semoga filateli terus tetap menjadi hobi yang menginspirasi semua terutama untuk menyampaikan pesan yang eduktif bagi masyarakat.

^-^

One thought on “Filateli, Hobi Yang Kian Tenggelam

  1. Perkembangan tekhnologi memang mengancam eksisitas Filateli. Tetapi yang namanya hobi pasti akan bertahan terus, karena ini menyangkut kesenangan. Yang diperlukan sekarang adalah sosilisasi kepada generasi penerus dan terus menerus melakukan pembinaan. Pengadaan kegiatan filateli diperbanyak dan rutin dilaksanakan akan menarik minat masyarakat untuk mengetahui, kemudian menjalankannya. Perangkat-perangkatnya telah ada yaitu PFI di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s