Pandai Mengatur Keuangan Di Usia 20-an

Di usia 20-an adalah merupakan masa transformasi seseorang dari remaja menjadi dewasa. Masa lulus kuliah hingga bekerja di sebuah perusahaan. Namun seringkali kita tidak bisa mengatur keuangan secara prioritas , kadang kala kita tidak  bisa mengontrol pengeluaran kita setiap bulannya dengan bijak.

Namun jangan tergiur dengan kondisi keinginan yang tidak seimbang dengan pendapatan. Kadagkala untuk mereka di usia 20-an sulit sekali yang namanya mengontrol keuangan secara tepat. Berikut ini beberapa tips mengatur keuangan di usia 20-an yang mungkin bermanfaat untuk kalian.

Prioritaskan Kebutuhan Yang Penting

Sekali lagi kebutuhan yang penting adalah kebutuhan yang tidak bisa diganggu gugat atau ditawar. Nah biasakan untuk coba memisahkan kebutuhan mana  yang sifatnya penting dan tidak terlalu penting. Biasanya kebutuhan ini selalu kita keluarkan setiap bulannya seperti biaya transportasi dan makan, atau mungkin tagihan-tagihan lainnya.

Jangan Tregiur diskon

Sulit mungkin rasanya mengontrol keinginann mata atau yang sering disebutnya lapar mata. Apalagi jika kita sedang hunting di mal-mal dan menemukan diskon yang menggiurkan. Pastikan kita jeli dan teliti terhadap diskon yang ditawarkan agar tidak menyesal dikemudian hari.

Sisakan 10% Untuk di Tabung

Rasanya mungkin berat jika kalian mungkin tidak terbiasa dengan menyisihkan uang untuk ditabung. Namun cobalah untuk membiasakan kebiasaan baik tersebut untuk masa depan yang lebih baik.

Batasi Tarik Tunai ATM

Kesalahan kita ketika mempuyai ATM adalah gemar mengesek kapanpun kita butuhkan. Padahal ATM pun seringkali tidak baik untuk kita apalai yang doyang belanja. Nah untuk membatasinya kalian juga bisa mengambil sejumlah uang yang diperlukan selama beberapa periode tertentu dan usahakan dalam jangka waktu tertentu kita tidak boleh mengambil uang lagi.

Menabung dan berderma

Lagi-lagi kalian diajak untuk menabung dan juga berderma, kedua hal ini adalah hal baikyang akan membantu kalian untuk bisa memanage keuangan dan juga bisa menambah  rezeki berikutnya. So jangan bosan-bosan untuk menabung karena kita pasti akan untung dan juga jangan bosan-bosan untuk membagikan sebagian harta kita pada orang lain, terutama pada mereka yang membutuhkan.

So,, kawan tidak ada yang tidak mungkin selama kita mencoba untuk bisa mengatur pendapatan. Tidak perlu kok harus berkeluarga untuk mampu mengatur keuangan dengan baik, maka dari itu  dari sedini mungkin diusia 20-an kita harus bijaksana mengatur keuanagan dengan baik agar tidak menyesal dikemudian hari.

Sumber Gambar:

http://www.zicoe.com

http://www.bisniskeuangan.kompas.com

10 thoughts on “Pandai Mengatur Keuangan Di Usia 20-an

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s