Cerdas Kelola Uang THR untuk Usia 20-an

Tunjangan Hari Raya (THR),  memang menjadi salah satu suntikan dana yang dinanti-nanti  karyawan setiap tahunnya. Pemerintah  pun telah menetapkan UU THR untuk memenuhi hak setiap karyawan. Nah, bagi usia muda ternyata tidak mudah untuk megelola uang THR dengan baik, terkadang kebutuhan prioritas tersingkir hanya karena kita lapar mata. Padahal, kita bisa mengatur uang THR lebih bijak lagi agar seusai lebaran kita tidak terkena “Kanker” alias kantong kering. Berikut ini adalah cara bijak mengelola uang THR untuk usia 20 an:

Sisakan 20 % dari uang ongkos kerja sebulan

Biasanya kita mengepres uang ongkos kerja per bulan, nah kai ini coba untuk menambahkan 20% dari uang ongkos yang kalian butuhkan dalam kurun waktu satu bulan. Misalnya, ongkos kerja selama sebulan kalian membutuhkan Rp.600.000 jadi untuk bulan ini tambahkan 20%, yakni sebesar Rp.720.000 dan itu benar-benar harus di save dengan baik tidak boleh diganggu gugat.

Jangan lupa bayar Zakat fitrah

Meskipun zakat firah sejatinya kewajiban orang tua yang menanggung, namun berhubung kalian sudah memiliki penghasilan, jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk membayar fitrah. Jangan lupa sedekah juga berapa persen dari pendapatan kalian perbulan. Untuk berapa besar presentasenya silahkan Tanya kepada yang lebih faham. ^^

Belanja itu Perlu..!!

Guys jangan terlalu irit juga, apalagi sama diri sendiri!, kalian bisa kok membelanjakan uang THR asal dengan bijaksana. Jangan sampai berfoya-foya ya, karena sesuatu yang berebihan juga tidaklah baik. Belanjakan sesuai kebutuhan yang seharusnya terpenuhi. Tidak ada salahnya kok untuk membeli satu setel baju untuk dipakai di hari raya, setahu saya jika kita mampu itu sah saja. Apalagi jika niat kita ingin menghormati dan mengagungkan hari raya, tapi harus ingat jangan sampai lupa diri ya.

Atur schedule silaturahmi

Biasanya untuk acara lebaran tidak cukup waktu satu hari untuk mengunjungi kerabat dan sanak saudara. Hmm,,, pasti nambah lagi deh pengeluaran. Eitttss jangan risau banyak jalan menuju roma, kalian bisa atur acara silaturahmi berkunjung ke rumah kerabat asalkan jangan terlalu sering berkumpul diluar, biasanya kalau silaturahmi diluar banyak biaya tak terduga. So, aturlah schedule silatrahmi kalian secara bijaksana.

Jangan lupa Save…!!

Saking keenakan dengan uang yang melimpah, banyak diantara kita yang tidak sadar bahwa ternyata uang kita sudah habis. Makanya jangan boros, jangan terbuai dengan aneka atribut shopping yang bikin ngiler, kalo perlu tutup mata dan nitip saja apa-apa yang ingin dibeli. Karena biasanya jika kita sudah terjun ke mal  mata kita seperti tidak bisa mnahan barang-barang yang menggoda kita untuk membelinya. Well, sekali lagi NABUNG dong…!!!

Jangan manjakan dengan ATM

Sering kita berfikir kalo ternyata ATM adalah biang keladi yang membuat kita sulit untuk save uang. Karena saking  keenakan dengan fasilitas ATM,alhasil kita semakin sering gesek ATM untuk membeli kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu penting. Langkah bijaksana ialah catat semua kebutuhan yang seharusnya diperlukan, ambil uang sesuai dengan kebutuhan. Simpan ATM dan jangan letakan di dompet. Easy kan!!! Tapi harus konsisten ya ^^.

Sulit ngak sulit sepertinya kita harus melakukan beberapa kiat diatas deh biar keuangan kita aman seusai lebaran. Karena pada umumnya usia 20 an usia dimana kita seneng melengkapi  kebutuhan pernak-pernik yang sebenerya ngak perlu. Ingin di bilang trendi tapi yang perlu kita ingat ialah jangan sampai  besar pasak daripada tiang, “ lebih banyak pengeluaran dari pada pendapatan”. Mulai usia kepala dua kita harus lebih jeli mengatur uang, jangan terbawa nafsu. Semoga kalian bisa cermat mengelola uang THR dengan baik, begitupun saya ^^.

Sumber gambar diambl dari :

http://forum.viva.co.id/

http://stonnafisyaputra.wordpress.com/

http://laquesta.wordpress.com/

http://yansphotobagolo.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s