Kampung Korea di Indonesia

Guys,, Betapa ingin saya untuk  belajar bahasa Korea mungkin ngak sebanding dengan salah satu suku di Indoensia yang ternyata nih menggunakan tulisan Korea kesehariannya. Di Sulawesi tepatnya Korean hallyu juga ikut merajalela disana, nama suku Cia-Cia yang berada di kepulawan Buton, Baubau- Sulawesi Tenggara ternyata telah lama menulis menggunakan tulisan Korea yang sering disebut Hangeul. Jelas kan kalo suku Cia-cia bisa dibilang seperti kampungnya Korea ^^.

Hadoohhh, saya jadi iri banget deh sama suku Cia-cia ini heheheh. Ternyata nih di Baubau ada banyak bahasa di dalamnya, suku Cia-cia menggunakan menggunakan hangeul disetiap tulisannya. Serasa nemuinn masyarakat Korea deh kesannya, sungguh bikin saya penasaran banget ingin berkunjung kesana.  Memang belum terbukti apakah ada kedekatan historis antara suku Cia-cia dengan Korea. Namun kabarnya jaman dulu masyarakat Cia-cia ini dulunya perantau, jadi bukan tidak mungkin pengaruh bahasa  datang dari hasil kebudayan Korea yang dibawa seusai merantau.

Tanpa mengurangi kecintaan terhadap bangsa sendiri, Suku Cia-cia tetap mengguakan bahasa Indonesia dalam komunikasi  sehari-hari. Namun yang uniknya lagi nih pemerintah malah mendukung terhadap budaya ini dan tidak menghapus  kebiasan suku Cia-cia yang menggunakan tulisan Hangeul. Hebat ya… seperti di Jawa timur kita mengenal sebutan “Kampung Inggris” dimana seluruh masyarakatnya menggunakan bahasa inggris, begitupun dengan pedagang kaki limanya. Heheh unik banget kan.

Balik lagi ke suku Cia-cia yang lihai menggunakan Hangeul, namun pemerintah juga menyelamatkan bahasa nasioanal agar tidak punah, alhasil mereka tetap mengerti  berkomunikasi bahasa Indonesia dalam kesehariannya. Cusss… beneran ngiri banget deh secara gitu kadang kita kalo ingin belajar bahasa Korea harus kursus dulu.

Keunggulan Hangeul telah diakui masyarakat internasional. Pada tahun 1997, UNESCO menetapkan Hangeul sebagai harta warisan catatan internasional. Universitas Oxford Inggris sempat menempatkan Hangeul sebagai sistem penulisan paling unggul di dunia. Huruf bahasa Korea, Hangeul, bisa dimasukkan ke komputer 7 kali lebih cepat daripada huruf bahasa Cina atau Jepang, dan juga diakui dalam segi keindahan disain (sumber:Globalisasi sistem abjad Korea, Hangeul’).

Nih, buat kalian yang ingin belajar Hangeul, ngak ada salahnya juga untuk berkunjung ke Baubau, Sulawesi Tenggara terus nemuin suku Cia-cia  deh untuk belajar dan berkomunikasi bahasa Korea. Gimana, ide yang bagus kan?.

Siapa yang suka Korea? kalo pada suka nih saya mau kasih tau Fanpage wisata Korea, di fanpage Korea Tourism Organization Indonesia bakal ngajak kalian menemukan infomasi seputar Korea. Entah lewat  pariwisatanya, K-Pop, K-Drama, Buadaya dan masih banyak lagi deh. Yang penting nge like aja dulu ^^. Okey guys moga bermanfaat ya.

Sumber gambar:

www.koreaindo.net

http://intisari-online.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s