Kimchi Dan Asinan Sayur, Serupa Tapi Tak Sama

Melihat negeri ginseng, pasti tak luput dari makanannya yang menggugah selera makan. Kimchi salah satunya, punya  space tersendiri  bagi para penikmatnya. Bisa dibilang orang Korea mengkonsumsi kimchi hampir disetiap pangannannya, kimchi menjadi makanan wajib bagi mereka. Beda halnya di Indonsia, jika kita lihat sepintas kimchi mirip sekali dengan asinan sayur, khususnya panganan dari wilayah jawabarat ini hamper terlihat mirip tapi ssungguhnya berbeda.

Kita mengenal kimchi adalah salah satu makanan sehat dari Korea, dan saya yakin siapapun tahu. Mengolah kimchi bagi saya pribadi gampang-gampang susah, yang gampang adalah makan kimchi hehe, beda halnya dengan asinan sayur yang menurt saya lebih simple karena tidak perlu difermentasi dalam cara pembuatannya.

Bicara rasa keduanya memiliki cita rasa yang asam segar, tapi bedanya kalo rasa asam kimchi berasal dari fermentasi sayurannya sedang asinan asamnya dicampur dengan cuka. Keduanya pun sama-sama menggunakan cabai sebagai perasa pedasnya, bedanya lagi nih kimchi mengunakan cabai bubuk yang rasanya pedas sangat, sedang kao asinan sayur menggnakan cabai merah besar jadi rasanya tidak terlalu pedas. Untuk  kuah kimchi sedikit agak kental dan asinan sayur agak lebih encer. Keduanya sama-sama mengunakan sawi, tapi jika asinan biasanya ditambah dengan sayuran lainnya seperti kol, toge, mentimun.

Biar lebih ngak bikin penasaran dua resep ini bisa jadi daftar resep baru untuk kamu, atau buat kamu yang penasaran ingin mengetahui bumbu keduanya yuk disimak disini ^^ :

Resep Asinan Sayur:

Bahan :

2 buah wortel (iris korek api)

100 gram kol (iris halus)

50 gram tauge

1 ikat sawi asin (potong kasar)

Kerupuk mie

Kacang goreng

Bumbu kuah :

7 buah cabai merah

Terasi

Gula merah

3 sdm cuka

Air secukupnya

Cara membuatnya :

Taburi wortel yang telah dipotong ukuran korek api dengan garam dan remas-remas hingga layu, rendam dalam campuran air yang telah diberi sedikit garam dan cuka. Biarkan meresap dan tiriskan.

Kuah :

Haluskan cabai merah dan terasi. Tambahkan air, lalu rebus bersama gula merah dan cuka dan garam sampai mendidih. Dinginkan.

Resep Kimchi

Bahan:

500 gr Sawi putih

100 gr Kucai, potong-potong

Bumbu:

100 gr Kucokaro kasar

1 sdm Bawang putih cincang

1 sdm Gula pasir

2 sdm Kanari aekjeot (saus ikan)*)

2 sdm Myeolchi aekjeot (saus ikan)8)

Biji wijen putih secukupnya

Cara membuat:

Belah sawi membujur menjadi dua.

Taburi sedikit garam, remas-remas hingga agak layu. Cuci bersih, tiriskan.

Bumbu: Campur bumbu jadi satu.

Taburi sawi dengan bumbu hingga ke sela-sela sawi.

Taburi potongan kucai.

Diamkan kimchi sampai minimal 1 hari agar bumbu meresap.

 

Gimana nih, kamu mau pilih yang mana kimchi ataukah asinan sayur yang bakal jadi primadona makanan kamu. Sob, kamu juga bisa pilih menu varian makanan Korea lebih banyak lagi lewat fanpage Korea Tourism Organization Indonesia. Bukan hanya makanan Korea saja, bahkan pariwisatanya yang TOP banget deh bisa kita lihat sebagai informasi ketika kita ingin berwisata ke Korea. Jadi pilih mana Kimchi atau Asinan sayur? Kalo saya pilih dua-duanya deh heheheh ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s